Freon R32 Daikin – Refrigerant Ramah Lingkungan

Publish:

ACDaikin.co.id Team

Belum ada komentar

4 mnt, 57 dtk

Pernahkah Anda mendengar tentang freon R32 Daikin? Jika belum, mari kita berkenalan dengan teknologi pendingin ruangan yang ramah lingkungan dan efisien. Sebagai seorang ahli HVAC dengan pengalaman bertahun-tahun, kami akan membahas secara detail tentang freon R32 Daikin, mulai dari definisi hingga manfaatnya bagi lingkungan dan penggunanya.

Apa itu Freon R32?

Freon R32 merupakan jenis refrigeran (zat pendingin) generasi terbaru yang digunakan dalam sistem pendingin ruangan, seperti AC (Air Conditioner). Ia diciptakan sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan jenis freon sebelumnya, seperti R22 dan R410A. Freon R32 memiliki potensi pemanasan global (GWP) yang jauh lebih rendah, sehingga mengurangi dampak negatif terhadap perubahan iklim.

Secara kimia, freon R32 dikenal sebagai difluorometana (CH₂F₂), adalah senyawa organik yang termasuk dalam golongan hidrofluorokarbon (HFC). Ia merupakan refrigeran murni (single component refrigerant) yang tidak berwarna, tidak berbau, dan memiliki sifat tidak beracun.

Sifat Kimia dan Fisika:

  • Rumus Kimia: CH₂F₂
  • Massa Molar: 52.02 g/mol
  • Titik Didih: -51.6 °C
  • Tekanan Kritis: 5.88 MPa
  • Densitas: 1.21 kg/m³ (pada 25 °C)
  • Potensi Pemanasan Global (GWP): 675 (jauh lebih rendah dibandingkan R410A yang memiliki GWP 2090 atau R22: 1810)
  • Potensi Perusakan Ozon (ODP): 0 (tidak merusak lapisan ozon)
GWP Freon R32
Sumber: Daikin Global

Karakteristik Termodinamika:

Freon R32 memiliki karakteristik termodinamika yang unggul sebagai refrigeran. Ia memiliki kapasitas pendinginan volumetrik yang lebih tinggi dibandingkan R410A, yang berarti jumlah refrigeran yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat pendinginan yang sama lebih sedikit. Hal ini berdampak pada efisiensi energi yang lebih tinggi dan pengurangan biaya operasional.

Keamanan:

Freon R32 diklasifikasikan sebagai refrigeran A2L oleh ASHRAE, yang berarti memiliki toksisitas rendah dan tingkat mudah terbakar yang rendah. Meskipun demikian, penanganan dan pemasangan yang tepat tetap diperlukan untuk memastikan keamanan pengguna.

Mengapa Pakai Freon R32?

Daikin, sebagai salah satu produsen AC terkemuka di dunia, telah menjadi pionir dalam penggunaan Freon R32. Mereka telah mengintegrasikan teknologi ini ke dalam berbagai produk AC, termasuk seri AC residential dan komersial. Daikin berkomitmen untuk memberikan solusi pendinginan yang tidak hanya efisien, tetapi juga ramah lingkungan.

R32 di Produk Daikin

Keunggulan Freon R32 Daikin

Berikut ada 3 keunggulan jenis refrigerant R32 yang dikenal ramah, diantaranya:

  1. Ramah Lingkungan: Freon R32 memiliki potensi pemanasan global (GWP) yang jauh lebih rendah yaitu 675 dibandingkan jenis freon lainnya, semisal R410 punya GWP: 2090. Hal ini berarti penggunaan Freon R32 membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.
  2. Efisiensi Energi: Freon R32 memiliki sifat termodinamika yang unggul, memungkinkan sistem pendingin ruangan beroperasi lebih efisien. Ini dapat menghasilkan penghematan energi yang signifikan dan tagihan listrik yang lebih rendah bagi pengguna.
  3. Performa Pendinginan Optimal: Freon R32 memiliki kapasitas pendinginan yang tinggi, sehingga mampu mendinginkan ruangan dengan cepat dan efektif. Anda akan merasakan kenyamanan maksimal bahkan di hari-hari terpanas.

Harga Freon R32 Daikin

Harganya bervariasi tergantung pada penjual dan marketplace online seperti Tokopedia, Blibli, Shopee. Untuk kemasan, tersedia dalam tabung 3 kg dan 9,5 kg dengan harga pasaran untuk barang asli:

  • Tabung 3 kg: Harga berkisar antara Rp 700.000 – Rp 1.200.000.
  • Tabung 9,5 kg: Harga berkisar antara Rp 1.700.000 – Rp 2.500.000.
Freon R32 Daikin
Kemasan Tabung R32 Daikin. Sumber Daikin Indonesia

Produk Daikin yang Menggunakan Freon R32

Daikin telah menjadi pelopor dalam penggunaan Freon R32 yang ramah lingkungan pada berbagai produk pendingin ruangannya. Sekarang, hampir semua produk terbaru AC Daikin menggunakan refrigerant R32, diantaranya:

  • AC Hunian: Single split, Multi split, Air purifier.
  • AC Hunian Premium: VRV Home Series, Multi NX R32
  • AC Komersial: Sky Air, VRV, Control System
  • AC Industri: AC Package, Chiller
Daikin Single split
AC Single Split Daikin. Sumber Gb Daikin

Daikin menawarkan berbagai pilihan AC single split, dengan teknologi inverter dan non-inverter, semua menggunakan freon R32. AC single split Daikin dikenal dengan desain yang elegan, performa pendinginan yang optimal, dan efisiensi energi yang tinggi contohnya Daikin Zeta Inverter.

AC multi-split Daikin dapat mendinginkan 2-3 ruangan sekaligus dengan menggunakan satu unit outdoor. Sistem ini ideal untuk rumah atau kantor dengan banyak ruangan dan menggunakan freon R32 untuk memberikan pendinginan yang efisien dan ramah lingkungan.

AC VRV (Variable Refrigerant Volume) Daikin adalah solusi pendingin ruangan untuk gedung komersial dan bangunan besar. Sistem ini menawarkan fleksibilitas, efisiensi energi, dan kenyamanan terbaik bagi pengguna. Freon R32 adalah refrigeran pilihan untuk AC VRV Daikin.

Chiller Daikin adalah sistem pendingin yang digunakan dalam aplikasi industri dan komersial. Daikin telah mengembangkan chiller yang menggunakan Freon R32 untuk memberikan pendinginan yang efisien dan ramah lingkungan bagi berbagai industri.

Chiller Daikin
Chiller Daikin. Sumber: Daikin

Penutup

Freon R32 Daikin adalah refrigeran generasi terbaru yang menjadi jawaban atas kebutuhan pendingin ruangan yang ramah lingkungan dan efisien. Dengan 3 keunggulan yang dimilikinya, refrigerant ini tidak hanya memberikan kenyamanan maksimal, tetapi juga membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Jika Anda ingin beralih ke teknologi pendingin ruangan yang lebih baik, freon R32 Daikin adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

FAQ

Apakah Freon R32 Daikin aman digunakan?

Ya, aman digunakan jika ditangani dan dipasang dengan benar oleh teknisi AC yang berpengalaman dan bersertifikat.

Apakah semua produk AC Daikin menggunakan Freon R32?

Tidak semua produk AC Daikin menggunakan freon R32. Namun, Daikin telah secara bertahap mengganti refrigeran pada banyak produk dengan R32 karena lebih ramah lingkungan.

Bagaimana cara mengetahui apakah AC saya menggunakan Freon R32?

Anda dapat memeriksa label spesifikasi pada unit AC Anda atau menghubungi layanan pelanggan Daikin (contact center) di 0800 1 081 081 untuk mengetahui jenis refrigeran yang digunakan.

Apa yang harus saya lakukan jika terjadi kebocoran Freon R32 pada unit AC?

Jika Anda mencurigai adanya kebocoran Freon R32, segera hubungi teknisi AC untuk memeriksa dan memperbaiki kebocoran. Jangan mencoba memperbaikinya sendiri karena berbahaya. Silakan kontak kami disini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan:

Photo of author

ACDaikin.co.id Team

ACDaikin.co.id Team merupakan bagian dari ASTRO Team yang khusus menulis artikel tentang AC Daikin. Fyi, CV. ASTRO merupakan salah satu Dealer resmi Daikin Indonesia yang menawarkan solusi pendingin udara terbaik untuk hunian, hunian premium, bangunan komersial, dan industri dengan produk berkualitas, hemat energi, dan ramah lingkungan.Kami berbasis di Bali, hadir di 8 kota besar. Siap Support Proyek di seluruh Indonesia..!!! Cek About Us dan KONTAK KAMI

Tinggalkan komentar